Monday 19 October 2015

Fakta Menarik Lain Tentang Lebah



Fakta Menarik Lain Tentang Lebah

1. Lebah madu Afrika (Killer Bee) akan mengejar mangsa sejauh 1/4 batu atau kurang lebih 400 meter. 

2.      Lebah memiliki 5 mata, dua mata besar (mata kompaun) di ke-2 iris kepala serta tiga ocelli (mata primitif) di bagian atas kepala berperan untuk mengontrol sinar yang ada.



3.      Lebah Madu memakai Matahari juga sebagai kompas. Meskipun Matahari dilitupi awan, ia masih tetap bisa mecari kedudukannya didalam tempat yang lebih cerah di langit.
4.        Lebah bisa lihat sinar ultraviolet yang tidak bisa dipandang oleh manusia.
5.     Lebah bisa terbang dengan kecepatan purata 13-15 batu sejam (kurang lebih 20. 92 – 24. 24 km/jam)
6.    Lebah madu mengembara sejumlah 1600 putaran perjalanan untuk memperoleh 1 auns madu dengan tiap-tiap perjalanan sejauh 6 batu. Untuk memperoleh 2 pound madu, lebah mengembara dengan jarak yang sama juga dengan 4 kali melingkari bumi
7.        Lebah butuh pergi ke 2 juta kuntum bunga untuk membuahkan 1 pound madu
8.        Selama saat pengeluaran madu, periode hidup lebah hanya kurang lebih 6 minggu saja.
9.        Satu sarang lebah memiliki kurang lebih 40-45, 000 ekor lebah.

 10.    Lebah madu yaitu hanya satu serangga yang membuahkan makanan untuk manusia.
11.    Suhu sarang lebah yaitu seputar 32-35°C (90-95°F)
12.    Ratu lebah keluarkan 2000 biji telur satu hari dengan kandungan 5 atau 6 biji satumenit. Ini membuahkan kurang lebih 175, 000 – 200, 000 biji keluar dalam setahun
13.    Tiap-tiap koloni lebah madu memiliki bau semasing untuk maksud inginalan.
14.    Lebah dari sarang yang sama bakal membawa 225, 000 kuntum bunga sehari-hari. Seekor lebah umumnya membawa 50 – 1000 kuntum bunga sehari
15.    Lebah mengepakkan sayapnya kurang lebih 11, 500 kali dalam satumenit
16.    Lebah berkomunikasi dengan lebah lain lewat tarian.
17.    12 ekor lebah dibutuhkan untuk membuahkan 1 sudut teh madu selama hidupnya (1/12 untuk tiap-tiap ekor).
 18.    Lebah memiliki 4 sayap.
19.    Otak lebah berupa bujur serta cuma memiliki ukuran kurang lebih sebesar biji-bijan.
20.    Ratu lebah bisa Hidup 40 kali lebih lama dibanding lebah pekerja, kurang lebih 4 sampai 6 tahun.
21.    Drones yaitu lebah jantan yang semakin besar dari pada lebah pekerja, ia tak memiliki sengat serta tak berkerja. Hanya satu pekerjaan drone ini yaitu untuk temani ratu lebah.

22.    Lebah madu, yang telah datang selama sekitar 30 juta tahun, yakni cuma satu serangga yang membuahkan makanan yang dikonsumsi manusia.
23.    Lebah madu pekerja, yang semuanya betina, mempunyai rentang hidup rata-rata 6 – 8 minggu. Semuanya pekerjaan dalam koloni ditangani oleh sebagian lebah betina.
24.    Otak lebah madu pekerja, yang mempunyai ukuran hanya 1 mm kubik, mempunyai jaringan neuropile terpadat di antara spesies hewan.
25.    Lebah madu jantan tidak mempunyai sengat. Mereka tidak turut dan dalam pekerjaan di koloni, tetapi hanya kawin.
26.    Saat hidup ratu lebah seputar 2–3 tahun dan semata dibutuhkan untuk kawin dan bertelur. Ratu lebah bisa bertelur hingga 2. 500 butir sehari.
27.    Ratu lebah yakni cuma satu betina yang berkembang lewat cara seksual dalam koloni lebah, satu karakteristik unik yang sering dikaitkan dengan diet teristimewa ratu lebah yaitu royal jelly.
28.    Royal jelly yakni substansi susu yang terbuat dari serbuk sari yang diproses dan madu, digabung dengan bahan kimia yang disekresikan dari kelenjar di kepala lebah perawat.

29.    Lebah madu menghasilkan lilin madu dari kelenjar yang ada di bawah perut mereka. Lilin ini digunakan oleh lebah untuk bangun tempat madu. Manusia juga menggunakan lilin lebah untuk mempersiapkan obat-obatan, memoles furnitur, dan sebagainya.
30.    Untuk menghasilkan 500 gr lilin, lebah madu harus mengkonsumsi sekitar 8-10 kg madu.
31.    Hanya lebah pekerja yang mempunyai sengat yang digunakan hanya disaat mereka terancam. Lebah madu hanya dapat menggunakan sengatnya sekali karena setelah itu akan mati. Seputar 1. 100 sengatan lebah madu diperlukan untuk buat serangan fatal buat manusia.
32.    Ratu lebah juga mempunyai sengat, tetapi umumnya tidak pernah memakainya karena praktis tidak pernah meninggalkan sarang.
33.    Terlepas dari suhu di luar, lebah madu mampu melindungi suhu sarang sekitar 33°C.
34.    Seekor lebah madu mampu mengepakkan sayap dengan kecepatan hingga 11. 400 kali per menit. Kepakan sayap ini lantas menghasilkan bunyi dengung lebah seperti yang kita kenal.

 35.    Seekor lebah madu dapat terbang dengan kecepatan 23 km/jam. Lebah juga dikenal mampu menjelajah sejauh 10 km untuk mengumpulkan nektar dari bunga.
36.    Satu koloni tunggal lebah madu mengumpulkan sekitar 33 kg serbuk sari masing-masing tahun. Tengah seekor lebah madu mengumpulkan rata-rata 0, 81 gr madu dalam kehidupannya.
37.  Waktu mengumpulkan nektar, lebah madu bertandang ke sekitar 50 sampai 100 bunga keseharian. Hal sejenis ini berarti dibutuhkan sekitar 556 lebah pekerja untuk bertandang ke sekitar 2 juta bunga untuk mengumpulkan 0, 5 kg madu.
38.  Sebagai satu di antara makanan alami yang paling murni dan bergizi, bee pollen mempunyai kandungan protein, gula, karbohidrat, enzim, mineral, dan vitamin A, B1, B2, B3, B5, CH serta R.

39.    Perbedaan rasa dan warna madu tergantung pada sumber nektar.
40.    Mikroba tak dapat hidup dalam madu maka dari itu buat madu digunakan sebagai obat, terutama untuk luka. Royal jelly juga umum digunakan sebagai suplemen makanan serta penguat kesuburan.
41.    Walau herbivora, beberapa spesies lebah madu dikenal mengkanibal spesies mereka sendiri terutama saat merasa terancam.
42.    Ada racun dalam sengatan lebah madu yang bisa menyebabkan nyeri. Beberapa orang di kenali alergi pada sengatan lebah madu maka dari itu bisa menyebabkan reaksi kritis.
43.    Terapi sengatan lebah sering digunakan untuk bikin pulih bermacam masalah seperti arthritis dan neuralgia.




No comments:

Post a Comment