Monday 19 October 2015

Belajar Komunikasi Dari Lebah

    Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun pekerjaan. Komunikasi perlu dilakukan agar setiap orang dapat menyampaikan informasi dan di mengerti oleh orang lain. Oleh karena itu, komunikasi merupakan satu hal unik untuk dipelajari. Di zaman modern saat ini, setiap orang memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda, terutama mengingat perkembangan teknologi seperti internet, smartphone, dan lain-lain. Orang-orang tak lagi harus bertemu langsung untuk melakukan komunikasi, bahkan perkembangan teknologi memungkinkan orang di negara yang berbeda dapat saling melakukan komunikasi.



Selain dilakukan oleh manusia, hewan juga melakukan komunikasi. Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara komunikasi yang khas yang dimiliki oleh hewan yang tidak asing lagi, hidup berkoloni mencari sari bunga, membagi tugas sedemikian rupa, menghasilkan madu yang memiliki banyak manfaat, juga berbahaya bagi hewan lain atau siapapun yang mengganggu.


  • Lantas, bagaimana cara lebah berkomunikasi dengan lebah yang lainnya?

Hasil penelitian seorang ilmuwan bernama Von Frisch (Akmajian, 1979) menunjukkan bahwa lebah  pekerja (yang bertugas mencari makan) setelah keluar dari sarangnya, ia akan memberi tahu lebah-lebah yang lainnya bahwa terdapat sumber makanan. 
Nah, cara untuk memberi informasi ini dilakukan dengan unik oleh lebah, yaitu lebah akan menari di dekat dinding sarangnya.



Ada 3 tarian lebah, yaitu:
  • Membuat lingkaran, jika makanan tersebut jaraknya sangat dekat, yakni seitar 20 kaki atau 613 cm. Mutu makanan akan ditunjukkan dengan jumlah pengulangan tarian dan semangat dalam melakukan tarian tersebut.
  • Membuat bentuk seperti bulan sabit, membuat angka delapan pada dinding sarang dan sudut yang terbentuk oleh arah bentuk bulan sabit dengan garis vertikal menunjukkann tempat makanan ditinjau dari matahari. Tarian ini memberi informasi makanan berjarak kira-kira 20-60 kaki atau 623-1839 cm. 
  • Membuat gerakan-gerakan dengan ekor, memberi informasi mengenai jarak lokasi makanan ditandai dengan jumlahh pengulangan pola tari. Makin lambat pola pengulangannya, maka makin jauh lokasi makanan.


  • Bagaimana komunikasi lebah dengan hewan yang lainnya?


Lebah tidak melakukan komunikasi verbal dengan hewan lainnya. Lebah hanya memberikan respon berupa gerakan sebagai reaksi dari hewan yang lain, atau makhluk lain (ex. Manusia).
Sebagai contoh, jika seseorang mengganggu sarang lebah, maka lebah merespon dengan menyerang atau menyengat. Itu merupakan bentuk komunikasi lebah dengan yang makhluk yang lain.
Tapi perlu di ingat, bahwa tindakan seekor lebah mempengaruhi lebah yang lainnya.




No comments:

Post a Comment